Inovasi Pelayanan RSUD Dr. H. Mohamad Rabain



SIAPPO RABAIN

SIAPPO RABAIN adalah pelayanan pendaftaran secara online melalui aplikasi android. Pendaftaran online ini ditujukan untuk memudahkan bagi pasien yang akan melakukan pemeriksaan di poliklinik sehingga dapat mengurangi waktu antrian.
Pendaftaran online merupakan salah satu inovasi Rumah Sakit untuk mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Tata Cara Pendaftaran

Hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Pendaftaran online dapat dilakukan untuk pemeriksaan dengan jadwal H+1 sampai dengan H+7 dari hari mendaftar
  2. Khusus pasien BPJS Kesehatan yang datang untuk validasi pendaftaran online wajib membawa kelengkapan berkas persyaratan sesuai poli yang dituju (Berkas : Surat Rujukan, Surat Kontrol, Resume Medis, Fotocopy Kartu BPJS / KIS)
  3. Bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang tidak membawa kelengkapan berkas persyaratan maka pendaftaran online tidak berlaku/hangus

SALAM RABAIN

SALAM RABAIN (Sistem Aplikasi Laboratorium Modern) merupakan pelayanan pengiriman hasil Laboratorium melalui Whatsapp (WA) pada pasien Rawat Jalan kiriman dokter praktek luar/praktek mandiri dan Rumah Sakit yang bekerja sama dengan RSUD dr. H. Moh. Rabain.

Pemeriksaan yang bisa dikirimkan melalui pesan WA yaitu pemeriksaan Hematologi, Kimia Klinik, Urinalisa, Immunologi, Bakteriologi, Parasitologi dan Patologi Anatomi.

Sedangkan untuk pemeriksaan B20, Narkoba, Medical Check Up dan Pasien-pasien tertentu tidak dapat dikirim melalui WA

Penghargaan

SALAM RABAIN meraih TOP 10 Inovasi Terbaik Kabupaten Muara Enim Tahun 2020

Alur Pelayanan SALAM RABAIN

  1. Setelah menjalani pemeriksaan dokter, untuk membantu menegakkan diagnosa dokter maka memerlukan hasil pemeriksaan laboratorium.
  2. Pasien datang ke laboratorium untuk diambil sample cairan/jaringan yang dibutuhkan.
  3. Setelah pengambilan sample cairan/jaringan, petugas laboratorium akan menjelaskan kepada pasien bahwa hasil pemeriksaan akan dikirimkan lewat WA.
  4. Apabila pasien menyetujui maka petugas akan meminta noner WA Pasien.

SOBAT RABAIN

Sobat Rabain adalah salah satu inovasi pelayanan di RSUD Dr. H. Mohamad Rabain dalam bidang jasa pelayanan antar obat pasien rawat jalan, dimana obat akan diantar langsung ke alamat pasien. Sehingga memudahkan pasien tidak perlu lama mengantri dan menunggu obat.

Waktu Pelayanan
- Hari Senin s/d Kamis : 09.00 s/d 14.00 WIB
- Hari Jumat : 09.00 s/d 12.00 WIB

Metode dan Biaya

Pembayaran jasa antar dilakukan setelah obat diterima oleh pasien / Cash On Delivery (COD). Biaya jasa pelayanan ini dibebankan kepada pasien atau keluarga pasien.

Alur Jasa Pelayanan Antar Obat

  1. Setelah menjalani pemeriksaan dengan dokter, pasien akan mendapatkan resep obat.
  2. Pasien kemudian membawa resep tersebut ke farmasi rawat jalan.
  3. Resep diterima oleh petugas farmasi, kemudian dilakukan telaah resep.
  4. Jika pasien termasuk dalam kriteria pasien yang bisa mendapat jasa pelayanan antar obat, maka petugas akam memberikan penjelasan tentang jasa ini

  1. Jika pasien setuju, selanjutnya pasien mengisi blangko data tambahan (rangkap 2) untuk pengiriman obat, kemudian pasien akan mendapatlam informasi tentang obat yang akan diberikan meliputi nama obat, kegunaan, aturan pakai dan penyimpanan.
  2. Setelah selesai maka pasien dapat langsung meninggalkan rumah sakit dan pasien tinggal menunggu pihak jasa pelayanan antar obat mengantar obat kerumah pasien.

TB-SNACK

Apa itu TB-SNACK ? TB-SNACK adalah Sistem Pelayanan di Klinik TB DOTS (Rawat Jalan) RSUD Dr. H. Mohamad Rabain yang berbasis pada pola pelayanan yang Simpel, Nyaman, Aman, Cepat dan Komplit (SNACK).

Dengan Tujuan untuk meningkatkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) TB di lingkungan RS dan juga mengurangi antrian dan mencegah penumpukan pasien TB di ruang tunggu yang berpotensi menyebabkan penularan.

Pasien TB yang berkunjung ke Klinik TB-DOTS RSUD Rabain mendapatkan pelayanan terintegrasi di satu tempat (one-stop service), mulai dari pelayanan Pendaftaran, Konsultasi Medis, Pemeriksaan, hingga Pengobatan, termasuk Pembayaran untuk pasien umum/non-BPJS, semuanya selesai di Klinik TB-DOTS. Tidak perlu ke unit pelayanan yang lain.

Alur Pelayanan TB-SNACK


Alur Pelayanan TB-SNACK

  1. Untuk Pasien TB Peserta JKN/BPJS Kesehatan, sehari sebelum Hari Pelayanan sesuai jadwal, pasien mengirim foto surat rujukan dari Puskesmas, kartu JKN, dan KTP via WA ke nomor hotline TB-SNACK.
  2. Pada Hari Pelayanan sesuai jadwal, pasien TB langsung menuju Klinik TB-DOTS RSUD Dr. H. Mohamad Rabain
  3. Proses pendaftaran di lakukan di Klinik TB-DOTS.
  4. Dilakukan Anamnesis awal dan pemeriksaan fisik rutin dan oleh Perawat (Tekanan Darah, Suhu Badan, Berat Badan, Tinggi Badan di Klinik TB-DOTS.
  5. Pengambilan sampel darah dan/atau sputum untuk pemeriksaan laboratorium (bila perlu), di Klinik TB-DOTS. Pemeriksaan Foto Rontgen (bila perlu).
  6. Konsultasi medis dan pemeriksaan oleh Dokter (DPJP), Tindakan medis oleh DPJP (bila perlu), di Klinik TB-DOTS.
  7. Pemberian obat-obatan sesuai resep dari DPJP dan edukasi, di Klinik TB-DOTS.
  8. Pasien pulang dari Klinik TB-DOTS.